Wednesday, June 11, 2014

Recognition rather than recall - bolahandmade.com

Recognition rather than recall merupakan penilaian bagaimana pengguna tidak harus mengingat-ingat informasi dari halaman sebelumnya untuk dapat  mengakses halaman selanjutnya. Minimalkan beban memori pengguna dengan membuat objek, tindakan, dan pilihan yang terlihat. Pengguna tidak perlu mengingat informasi dari satu bagian ke bagian yang lain.

1. Sulitnya membandingkan model bola
Sulit nya membandingkan model bola dengan model yang lainnya membuat pengguna harus mengingat-ingat informasi dan gambar nya. Untuk melihat bola lainnya pun harus klik tombol next atau prev (ukuran nya kecil dan berada di atas) atau back ke list bola menggunakan tombol back pada browser. Seharusnya ketika melihat satu bola, ditampilkan pula jenis bola yang lainnya, setidaknya pengguna tidak terlalu terbebani memori nya terlalu lama karena harus klik kategori bola dahulu lalu melihat bola yang lainnya. Selain itu letak deskripsi terlalu bawah yang belum tentu pengguna mengetahuinya sehingga pengguna mengira tidak ada deskripsi bola sama sekali. 


Saran: Tampilkan tipe-tipe bola lainnya untuk mempermudah pengguna membandingkan bola yang diinginkan dan tidak membuat pengguna terbebani memorinya. Kalau perlu dapat menampilkan dua bola yang berbeda untuk di bandingkan. Untuk bagian deskripsi produk, jangan dibuat terlalu jauh dari produk apalagi harus sampai scroll. tampilkan lah lebih dekat kalau perlu disamping dari produk tersebut.
Severe Ratings = 3



Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki  dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe.  Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.

No comments:

Post a Comment