Wednesday, June 11, 2014

Help and Documentation – bolahandmade.com

Setiap web e-commerce pastinya memiliki cara-cara pembelian yang berbeda-beda, maka dari itu help and documentation sangatlah diperlukan untuk mempermudah pembeli(pengguna) untuk membeli produk yang ditawarkan.

1. Help untuk pengguna yang masih kurang lengkap.
Pada website bolahandmade.com sudah cukup memiliki hal tersebut walaupun tidak detail memberitahukan tata cara pemesanannya. Namun lebih baik lagi jika memberikan tata cara pemesanan lebih detail seperti format pemesanan, tipe barang yang ingin dipesan, serta alamat dari pemesan. Karena dengan tata cara yang lebih detail selain dapat mempermudah user memesan dan dapat juga mempermudah admin dalam menanggapi pemesanan.
Saran: Berikanlah panduan pemesanan dari awal pemesanan hingga barang sampai ke pelanggan. Serta membuat format pemesanan untuk membantu pelanggan dan juga penjual untuk mempermudah pemesanan. 
Severe Ratings = 2

2. Belum terdapat FAQs
FAQs adalah salah satu dokumentasi untuk membantu pelanggan maupun penjual. Dengan cara membuat contoh-contoh pertanyaan dan jawaban mengenai produk yang terdapat di situs bolahandmade.com. Dengan ada nya FAQs ini, pelanggan tidak perlu direpotkan untuk bertanya dahulu kepada penjual, namun cukup melihat contoh-contoh pertanyaan dan jawaban yang sudah dibuat oleh si penjual. FAQs ini juga membantu penjual agar tidak direpotkan oleh pelanggan-pelanggan yang hanya ingin bertanya-tanya saja namun belum tentu membeli.

Saran: Buatlah dokumentasi tentang pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan produk yang dijual.


Severe Ratings = 3

3. Informasi tentang bola yang sudah cukup lengkap.
Informasi tentang bola sangatlah penting pada website ini, terlebih lagi informasi standar bola seperti diameter, kebulatan bola, kemembalan bola, penyerapan air, berat bola, tekanan bola, dan keseimbangan bola. Informasi seperti ini sangatlah berguna bagi pengguna untuk melakukan pemesanan bola yang diinginkan.


Severe Ratings = 0

Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki  dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe.  Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.

No comments:

Post a Comment